Wednesday, March 4, 2009

Tujuh Tips Sehat Minum Kopi

Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini. Minuman ini banyak digemari berbagai kalangan. Rasanya yang nikmat dan kandungan kafein di dalamnya di percaya dapat memberikan efek addicted bagi peminumnya.

Lalu adakah cara agar kita tetap dapat menikmati 'si hitam manis' ini tanpa perlu khawatir akan resikonya? Berikut tujuh tips sehatnya :

>>Pic by: thetechherald.com

  1. Dosis
    Banyak penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg cafein (atau sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negatif.

  2. Sinyal Bahaya
    Kenali sinyal bahaya kopi sehingga kita tahu kapan harus berhenti meminumnya. Sinyal bahaya itu antara lain: gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood (misal cepat marah). Seorang peminum kopi yang menghentikan kebiasaannya secara drastis dapat mengalami caffeine withdrawal yang ditandai sakit kepala berdenyut, namun gejala ini akan hilang setelah 24-48 jam atau setelah mendapat kafein baru.

  3. Dengarkan Respon Tubuh
    Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi dua cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Ada yang bercerita setelah minum secangkir kopi menjadi tidak dapat tidur sepanjang malam namun sebaliknya ada yang justru dapat tidur pulas setelah minum kopi. So, cara terbaik adalah dengarkan respon tubuh anda sendiri.

  4. Kenali Kandungan Kafein
    Perhatikan kandungan kafein dalam produk lain! Terkadang dosis kafein yang dianjurkan sudah tercapai dari kopi yang kita minum, namun kita masih mengkonsumsi beberapa produk yang mengandung kafein lainnya sehingga justru memberi efek buruk pada tubuh. Produk-produk yang harus diperhatikan tersebut misalnya: softdrink, permen kopi, teh, coklat, obat sakit kepala.

  5. Coffee Mix
    Harus disadari bahwa tiap 5 mg kalsium hilang untuk setiap 6 ons kopi yang diminum. Namun kehilangan kalsium ini dapat diatasi dengan cara mencampur/menambahkan dua sendok susu (espresso latte). Namun bagi penggemar cream sebaiknya dihindari untuk menghindari kalori yang berlebihan.

  6. Kelompok Anti-Kopi
    Kelompok berikut disarankan untuk menghindari kopi: wanita hamil, anak-anak, orang tua (usia lanjut), orang dengan penyakit jantung dan pembuluh darah (hipertensi). Apabila termasuk kelompok ini, alangkah baiknya menghindari minuman ini.

  7. Check Up
    Last but not least, periksa kesehatan secara berkala untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Banyak yang ragu atau takut untuk check up (terutama bila orang tersebut dalam kondisi sehat), namun memeriksa kesehatan secara rutin akan banyak memberikan manfaat terutama dalam mencegah dan mengobati penyakit.

Salam sehat untuk sobat blogger dan selamat menikmati secangkir kopi. ^__^



3 Efficacious Recipes to Eliminate Cellulite

No matter how old you are, what your skin type, and how your weight, cellulite is always a great enemy. He usually appears in the thighs, ab...