Friday, February 13, 2009

Berat Badan Naik: Banyak atau Kurang Tidur?

Saya posting soal ini karena sebagai cewek plin plan saya sering bingung dengan artikel yang membahas Banyak Tidur alias tidur cepatkah yang membuat berat badan naik, atau justru Kurang Tidur (begadang) yang menyebabkan hal tersebut?

Yup, soalnya saya seringkali membaca artikel di majalah yang membahas keduanya. Terkadang majalah yang satu membahas kalau banyak tidurlah yang membuat badan seseorang menjadi cepat 'gemuk', tapi tidak lama berselang tahu-tahu majalah terbitan lain membahas hal yang sebaliknya. Tuh jadi bingung kan mana yang bener?!

Nah kemarin saya baru menemukan satu artikel yang lagi-lagi membahas soal ini. Memang sih kebenarannya pun kembali ke anda semua, tapi karena saya sangat peduli soal kesehatan yang satu ini, maka saya bahas lagi saja artikelnya... moga bermanfaat.


Di artikel tersebut dikatakan bahwa lebih dari dua lusin penelitian yang dilakukan menyatakan, ternyata orang cenderung lebih gemuk apabila Kurang Tidur. Kenapa? Karena ketika kekurangan tidur maka kadar ghelin meningkat dan inilah hormon yang membuat anda ingin terus makan. Bila diperhatikan secara logika pun apabila tubuh lelah maka kita akan makan lebih banyak.

Sanjay Patel, M.D, seorang peneliti asal Ohio, Amerika Serikat melakukan studi selama 16 tahun dan mendapati bahwa seseorang yang tidur lima jam atau kurang dalam semalam, bobotnya cenderung naik. Kebutuhan tidur yang sehat sesungguhnya memerlukan minimal 7,5 jam semalam.

Hal unik juga dilakukan oleh peneliti Michael Breus, Ph.D, dan Steven Lamm, M.D, yang melakukan percobaan pada tujuh wanita dengan bobot tubuh bervariasi. Ketujuhnya diminta untuk tidur sedikitnya 7,5 jam semalam. Mereka juga diminta untuk tidak melakukan latihan fisik atau diet sama sekali untuk melihat apakah turunnya berat badan murni didapat karena hasil tidur yang cukup. Hasilnya dalam 10 minggu ketujuh wanita berusia 25-35 tahun tersebut kehilangan berat badan 2,7 hingga 6,8 kg.

Salah seorang wanita yang total kehilangan 4 kg dan 6,3 cm dari lingkar dada, pinggang, dan pinggulnya mengatakan "Perubahan tubuh saya benar-benar mengejutkan karena saya sama sekali tidak mengubah apa pun kecuali kebiasaan tidur. Saya bahkan makan seperti biasanya."

Sudah yakin dan ingin mencoba? Boleh..., tetapi bagaimana kalau kita merupakan tipe orang yang sulit tidur? Mungkin tips ini bisa sedikit membantu:

Pertama, hindari teh dan kopi di malam hari, apabila anda sudah ketagihan dengan kedua minuman tersebut cukup rubah kebiasaan minumnya di pagi/siang hari saat anda hendak memulai aktifitas. Kedua, biasakan meminum satu atau dua sendok makan madu lalu tutup dengan segelas air hangat sebelum tidur. Last but not least, pikirkan terus hal ini: Apabila pengurangan berat badan dan hidup lebih sehat merupakan hal penting bagi anda. Maka prioritaskan hal ini sekarang juga! Well, selamat mencoba...

:: Source by kompas.com ::

3 Efficacious Recipes to Eliminate Cellulite

No matter how old you are, what your skin type, and how your weight, cellulite is always a great enemy. He usually appears in the thighs, ab...