Thursday, April 16, 2009

Bahaya Di Balik 'Puspus' Kesayangan

aihhh2 luthu-naa..
Mumpung masih nyambung niy, mo nerusin posting soal kuman ah, tapi kali ini kuman yang bisa dateng dari 'pet' kesayangan kamu berkedok toksoplasma. Hiyyy...

Trus apa sih toksoplasma itu?

Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii yang hidup di usus binatang dan membentuk ookista alias bulatan kista besar berisi dua kista kecil. Ookista ini bisa terdapat di berbagai jenis hewan, mulai dari kucing, kelinci, anjing, sapi, kambing, tikus, sampai unggas. Bisa keluar dari dalam tubuh hewan bersama kotoran, air liur, atau darah hewan. Gawatnya kalau pecah akan mengeluarkan parasit aktif toksoplasmosis yang bisa menyerang makhluk hidup lain, termasuk manusia dan dikenal dgn nama penyakit toksoplasma.

Makanya bukan asal sayang binatang aja, kalo nggak dirawat, mereka bisa bikin kamu ketularan toksoplasma loh!

Nah loh, truz gimana donk pencegahannya...?!Hehe tenang-tenang, bisa dicegah juga kok:

1. Bawa si puspus ke dokter hewan.
Periksakan pet peliharaan kamu ke dokter hewan secara berkala untuk mengetahui apa mereka terinfeksi parasit toksoplasma atau nggak.

2. Beri makanan yang sudah matang.
Daging atau makanan mentah bisa jadi tempat berkembang biaknya parasit toksoplasma loh, okenya sih, beri binatang peliharaan kamu air dan makanan matang atau --biar praktis beli saja makanan khusus binatang-- yg skrg banyak dijual.

3. Main di dalam rumah saja.
Jangan biarin si Puspus dan Gukguk main di luar rumah atau bergaul dgn binatang lain yang kita ngga tahu riwayat kesehatannya. Tentu tujuannya untuk menghindari kuman/parasit dari binatang 'tak dikenal' itu.

4. Bersihkan kandang setiap hari!
Penting banget, terutama buat pemilik ayam, burung, atau kelinci. Tapi jangan lupa pake sarung tangan dan masker yaa pas bersihin. Setelah itu cuci tangan dgn sabun antiseptik sebersih-bersihnya!

5. Sediakan ‘toilet’ yang layak buat pet kamu.
Sediakan tempat khusus untuk membuang kotoran mereka setiap hari di tempat yang jauh dari ruang utama rumah kita.

6. Hindari atau kurangi mengonsumsi daging atau makanan mentah.
Buat penggemar steak, pastikan daging yang kita pesan sudah matang sehingga parasit yang hinggap sudah mati. Medium to well or well done, please!

7. Cuci sayuran dan buah-buahan sampai bersih.
Penting, karena bisa aja parasit nakal itu menempel di buah yang akan kita makan. Cuci sayuran dan buah-buahan hingga bersih di bawah air mengalir.

Well, mo sehat tuh kadang emg repot & mahal guys, tapi hasilnya kamu juga ko yang ngrasain, mo sehat atau sakit? Tinggal pilih lho... So, happy now with ur pet!

pict by:
www.gotthelookpersiancats.com


3 Efficacious Recipes to Eliminate Cellulite

No matter how old you are, what your skin type, and how your weight, cellulite is always a great enemy. He usually appears in the thighs, ab...