Skip to main content

Bahaya Di Balik 'Puspus' Kesayangan

aihhh2 luthu-naa..
Mumpung masih nyambung niy, mo nerusin posting soal kuman ah, tapi kali ini kuman yang bisa dateng dari 'pet' kesayangan kamu berkedok toksoplasma. Hiyyy...

Trus apa sih toksoplasma itu?

Toksoplasma adalah penyakit yang diakibatkan oleh parasit toksoplasma gondii yang hidup di usus binatang dan membentuk ookista alias bulatan kista besar berisi dua kista kecil. Ookista ini bisa terdapat di berbagai jenis hewan, mulai dari kucing, kelinci, anjing, sapi, kambing, tikus, sampai unggas. Bisa keluar dari dalam tubuh hewan bersama kotoran, air liur, atau darah hewan. Gawatnya kalau pecah akan mengeluarkan parasit aktif toksoplasmosis yang bisa menyerang makhluk hidup lain, termasuk manusia dan dikenal dgn nama penyakit toksoplasma.

Makanya bukan asal sayang binatang aja, kalo nggak dirawat, mereka bisa bikin kamu ketularan toksoplasma loh!

Nah loh, truz gimana donk pencegahannya...?!Hehe tenang-tenang, bisa dicegah juga kok:

1. Bawa si puspus ke dokter hewan.
Periksakan pet peliharaan kamu ke dokter hewan secara berkala untuk mengetahui apa mereka terinfeksi parasit toksoplasma atau nggak.

2. Beri makanan yang sudah matang.
Daging atau makanan mentah bisa jadi tempat berkembang biaknya parasit toksoplasma loh, okenya sih, beri binatang peliharaan kamu air dan makanan matang atau --biar praktis beli saja makanan khusus binatang-- yg skrg banyak dijual.

3. Main di dalam rumah saja.
Jangan biarin si Puspus dan Gukguk main di luar rumah atau bergaul dgn binatang lain yang kita ngga tahu riwayat kesehatannya. Tentu tujuannya untuk menghindari kuman/parasit dari binatang 'tak dikenal' itu.

4. Bersihkan kandang setiap hari!
Penting banget, terutama buat pemilik ayam, burung, atau kelinci. Tapi jangan lupa pake sarung tangan dan masker yaa pas bersihin. Setelah itu cuci tangan dgn sabun antiseptik sebersih-bersihnya!

5. Sediakan ‘toilet’ yang layak buat pet kamu.
Sediakan tempat khusus untuk membuang kotoran mereka setiap hari di tempat yang jauh dari ruang utama rumah kita.

6. Hindari atau kurangi mengonsumsi daging atau makanan mentah.
Buat penggemar steak, pastikan daging yang kita pesan sudah matang sehingga parasit yang hinggap sudah mati. Medium to well or well done, please!

7. Cuci sayuran dan buah-buahan sampai bersih.
Penting, karena bisa aja parasit nakal itu menempel di buah yang akan kita makan. Cuci sayuran dan buah-buahan hingga bersih di bawah air mengalir.

Well, mo sehat tuh kadang emg repot & mahal guys, tapi hasilnya kamu juga ko yang ngrasain, mo sehat atau sakit? Tinggal pilih lho... So, happy now with ur pet!

pict by:
www.gotthelookpersiancats.com


Popular posts from this blog

Mengungkap Makna Mimpi (Bag. 1)

Para periset menemukan, mayoritas orang memimpikan tema yang sama. Dan orang-orang sering bertanya-tanya tentang makna dari mimpi mereka. Sebagian orang bahkan mencoba menafsirkan makna mimpi mereka. Berikut, makna mimpi "umum" menurut Association for the Study of Dreams.


MIMPI MENINGGAL ATAU SEKARAT

Ciri: Memimpikan kamu atau orang yang kamu sayangi sakit, cedera, atau sekarat. Termasuk mimpi yang umum dan sering terjadi saat sedang sakit.

Arti: Selain akan menjadi sakit, dapat berarti kamu terluka secara emosional atau takut terluka. Dapat juga memperingatkan bahaya fisik yang akan dialami oleh kamu dan orang terkasih. Jika dalam mimpi tsb yang meninggal adalah orang lain, bisa berarti kamu mengharapkan orang tersebut pergi selamanya atau sebaliknya kamu takut kehilangan mereka.


MIMPI MESIN RUSAK

Ciri: Kamu berusaha menggunakan sebuah alat mekanik, mayoritas umumnya telepon, apakah sambungan telepon yang terputus, sulit memutar angka, atau memutar angka yang salah. Dapat jug…

Resensi Buku: Gideon The Cutpurse

Alternatif bacaan trilogi fiksi fantasi karangan Linda Buckley-Archer ini cocok buat dan pasti disukai oleh para penggemar Harry Potter!

Kisah bertumpu pada petualangan Peter dan sohibnya Kate yang terlempar dari abad 21 ke abad 18 akibat kecelakaan mesin anti-gravitasi milik ayah Kate yang seorang ilmuwan.

Peter yang marah pada ayahnya akibat pembatalan sepihak acara ulang tahunnya justru dipaksa bermain dan menghabiskan hari bersama Kate yang kemudian mengajaknya ke tempat kerja ayahnya yang seorang ilmuwan.

Ketika sedang bermain di dekat mesin anti-gravitasi, kecelakaan terjadi, dan yang terjadi selanjutnya, Peter & Kate terbangun di tahun 1763! Buruknya lagi, kedatangan mereka tersebut disaksikan oleh penjahat kelas kakap, Tar Man yang langsung mencuri mesin anti-gravitasi tersebut. Lalu bagaimana mereka dapat kembali keabad 21 jika mesin yang melemparkan mereka ke masa lalu itu tidak ada?

Beruntung Peter dan Kate ditolong oleh Gideon si Cutpurse (pencopet), seorang gentleman yang…

3 Efficacious Recipes to Eliminate Cellulite

No matter how old you are, what your skin type, and how your weight, cellulite is always a great enemy. He usually appears in the thighs, abdomen, and buttocks, which makes our skin look like a coarse-striped orange peel! For years, women around the world looking for a variety of creams and medications to eliminate cellulite. In fact, only with coffee powder, we can mix their own concoctions!

One of the most powerful method to eliminate cellulite is massage. With massage, blood circulation more smoothly, and fat cells can more easily destroyed.

Meanwhile, research indicates that Anti-cream which is considered the most potent are those that contain caffeine. Apparently caffeine can dilate blood vessels, so that circulation and blood flow more smoothly. Caffeine can also reduce levels of accumulation of water, which is one cause fat pushed to the skin and become cellulite.

That facts are enough to convince us that one of the most powerful solution to deal with cellulite is massage with h…